Thursday, April 08, 2010

Memulai Bisnis dengan Menjadi Franchisee

Di zaman sekarang ini segalanya bisa menjadi mudah, begitu juga dalam hal bisnis. Saat ini untuk memulai bisnis, kamu tak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimana membuat sistem bisnis yang baik, bagaimana  membuat produk yang dapat diterima pasar serta hal-hal lainnya yang membuat kamu justru enggan memulai bisnis. Bagaimana caranya?
Mulailah bisnismu dengan menjadi franchisee. Apa itu franchisee???
Franchisee adalah orang yang diberi hak untuk menggunakan atau memanfaatkan suatu kekayaan intelektual (dalam hal ini waralaba/franchise) dengan cara membeli hak itu dari  tangan franchisor (pemilik bisnis franchise).
Nah sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara menjadi franchisee yang baik, ada baiknya kita mengenal soal bisnis franchise terlebih dahulu.
Franchise atau waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan meiputi area tertentu. Sistem franchise berasal dari AS, dikenalkan pertama kali oleh Isaac Singer pada tahun 1850-an ketika Isaac Singer ingin meningkatkan distribusi produk mesin jahitnya yang bermerek Singer.
Dalam perkembanganya sistem franchise ini banyak digemari sebagai suatu sistem bisnis di berbagai bidang usaha yang akhir-akhir ini kebanyakan didominasi oleh bidang makanan cepat saji.
Contoh waralaba atau franchise di bidang makanan cepat saji yang ada di Indonesia sendiri sudah banyak macamnya mulai dari yang berasal dari luar negeri seperti KFC, Pizza Hut, CFC, McDonald dan sebagainya, serta yang berasal dari dalam negeri seperti Kebab Baba Rafi, Tela Krezz, Ayam Bakar Wong Solo serta masih banyak lagi lainnya. Perkembangan franchise dalam bidang makanan cepat saji sendiri makin banyak karena memang bidang makanan memiliki pangsa pasar yang tak pernah surut dan merupakan kebutuhan primer setiap orang. 
Namun bukan berarti franchise dalam bidang selain makanan tidak memiliki prospek yang bagus. Franchise yang memiliki prospek bagus adalah franchise yang memiliki produk yang memenuhi kebutuhan mendasar manusia. Contohnya selain dibidang makanan adalah franchise dalam bidang pendidikan, apotek / obat-obatan, serta minimarket.
Nah bila ingin menjadi seorang franchisee yang sukses, semuanya tidak sepenuhnya tergantung pada usahamu, namun juga dari franchise atau waralaba yang kamu beli hak mereknya. Waralaba di Indonesia  sendiri banyak macamnya, dari yang harganya murah sampai yang mahal, itu semua tergantung dari merek dan sistem waralaba itu sendiri. Untuk itu kamu harus jeli dalam memilih waralaba atau franchise yang akan kamu ajak kerjasama. Banyak merek franchise yang murah namun berkualitas, namun tak sedikit juga merek franchise yang relatif murah namun murahan. Berikut yang harus kamu perhatikan dalam memilih waralaba:
- Cari Tahu dan Pelajari Track Record-nya 
  Untuk mengetahui seberapa bagus waralaba yang akan kita beli hak-nya, lihatlah track recordnya. Waralaba/ Franchise yang bagus adalah waralaba yang memiliki banyak cerita sukses dari para franchiseenya terdahulu. Selain itu track record franchisornya juga perlu untuk di cari tahu, apakah franchisornya termasuk orang yang tak pernah bermasalah atau seorang yang pernah atau sedang bermasalah. Franchisor yang baik juga seorang franchisor yang memiliki pengalaman dalam produk dan merek waralabanya tersebut sebelum akhirnya difranchise-kan.
- Pahami Produknya
  Apa yang akan dijual sangat penting bagi kelangsungan usaha franchise tersebut. Apabila produk franchise tersebut merupakan produk yang bersifat musiman maka massa kelangsungan usaha itu perlu dipertanyakan. Sebuah waralaba/franchise juga harus memiliki keberagaman produk agar dapat memenuhi selera pasar, contohnya bila menjual martabak pasti ada martabak keju, coklat, kacang dan sebagainya. Produk dari waralaba tersebut juga harus unik dan berkualitas karena produk yang unik dan berkualitas pasti akan menarik konsumen.
- Pahami Sistemya
  Waralaba yang baik sudah pasti memiliki sistem yang baik, teruji, serta mudah dimengerti dan diterapkan oleh franchisee-nya. Sistem ini meliputi sistem distribusi barang,/bahan pemasaran, profit sharing (pembagian keuntungan), serta bagaimana mengelola usaha tersebut. Dengan sistem yang baik tentunya usaha franchise tersebut akan berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan keuntungan yang diharapkan.
Nah dengan waralaba/ franchise yang baik serta ditambah lagi dengan kemauanmu yang keras pasti-lah kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar baik dari segi keuangan maupun pengalaman. Dengan menjadi franchisee kamu bisa belajar bagaimana menjalani bisnis yang baik dan siapa tau suatu saat kamu bukan lagi menjadi seorang franchisee namun justru menjadi franchisor yang memiliki bisnis franchise sendiri berbekal pengalaman dan pengetahuanmu selama jadi franchisee
Good Luck!!!


13 comments:

Mauren said...

hemmm, boleh juga tipsnya :)

salam blogger, sudah saya follow :D

kakve_santi said...

wah, modal saya terlalu kecil :)

anyin said...

makin banyak aja emang franchise yaaa

bintangwina said...

kunjugan perdana mas..
diterima yah

info menarik buat para pebisnis yang akan memulai bisnisnya
btw. baru tau kalo waralaba ma franchise itu sama artinya. ixixix

ajeng said...

Nice tips, bisa digunakan nanti kalau saya buka usaha.
Btw, terima kasih sudah mampir ke rumah bunga saya ^_^

PuM2 said...

@ Mauren : trimakasih atas follownya...
@ kakve_santi : wah sbenernya byk sekali franchise yg murah namun gak murahan... tapi klo gak bgitu berminat mnding bisnis di internet hahaha
@ anyin : franchise makin byk krn sgt mgntungkan bagi pgsaha yang ingin mnambah jmlah outletnya namun mmpunyai ktrbatasan dana dan SDM...
@ bintangwina : semoga berlanjut ke kunjungan kedua, ketiga, keseratus, keseribu, kesejuta dan seterusnya hehe

trims atas komentar dari kalian semua... jgn lupa sering2 dtg ke blog ini utk mmberikan kmntar dan saran utk prkmbngan saya, blog ini dan pgnjung yg lain.... :37

waroeng coffee said...

dulu aku kerja di bidang franchise dan sekarang lagi pingin ngembangi usaha kesitu, yg jelas manfaatnya banyak spt tulisan diatas :) tq dah berbagi :)

Clara said...

saya ga bakat bisnis T^T

aaSlamDunk said...

emang si kalo frenchise prosentase untuk rugi itu cuma 60%

salam kenal ya
udah di follow balik

Arbitter Web Design Class said...

met malem sobat, kami datang untuk mengundang sobat sekalian ke blog baru kami sekaligus minta izin saling follow mengingat kami belum mempunyai space untuk blogroll, terimakasih atas perhatianya, saya tunggu kunjungan dan follow baliknya

Piet Puu said...

Assalamualikum sob...
well jadi tau seputar Franchise lebih dalam ^^

nyummy deh KEBAB BABA RAFFI
piet HOBI banged sm Kebab asal Malaysia tuh ^^
awalnya pit kira from Turkey...
and the Fact made from Malaysia ^^
proud lah dgn negeri tetangga satu tuh

PuM2 said...

Hahaha iya, memang enak Kebab Baba Rafi apalagi kalo dapet GRATIS...
kebab baba rafi setau saya didirikan oleh orang Indonesia Asli bernama Hendy Setiono (orang Surabaya) jadi bukan produk ttga sebelah yg suka ngaku2 kbdyaan kita... hahahaiiii pizz ttga sebelah....

Ria Nugroho said...

aku sebenernya mau ikutan franchise tp mungkin suatu waktu hehehe :p

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Post a Comment

Saya sangat senang bila Anda berkenan memberikan komentar setelah membaca artikel ini

Ini peluangmu!!!

Related Posts with Thumbnails

Mau dapet duit cuma dengan upload FILE???

 

Template by NdyTeeN