Friday, March 19, 2010

Multi Level Marketing (MLM)

Submit Your Link
Banyak orang di indonesia ini menganggap remeh tentang bisnis multi level marketing.Untuk mempelajari sistem dan peluang usahanya saja enggan, apalagi terjun di dalamnya. Ini terjadi karena kesalahan persepsi mereka terhadap MLM (baca:Multi Level Marketing) itu sendiri. Oleh karena itu kita perlu tahu apa itu MLM dan bagaimana peluang keuntungannya.
Multilevel marketing adalah suatu jalur distribusi produk yang berbeda dengan jalur distribusi produk konvensional. Distribusi produk MLM sendiri didistribusikan langsung dari tangan produsen menuju ke distributor/agen lalu ke tangan konsumen atau dari tangan produsen langsung ke konsumen (anda). Hal ini tentunya berbeda dengan sistem distribusi konvensional yang harus melalui beragam saluran distribusi sampai akhirnya baru dapat sampai ke tangan konsumen (anda) sehingga membuat harganya melambung di perjalanan  sampai akhirnya menjadi harga yang anda bayarkan untuk produk tersebut.


Ada beberapa alasan mengapa perusahaan menganut sistem MLM dalam distribusi produknya, yaitu:

- Biaya Overhead yang Rendah
  Perusahaan MLM tidak seperti perusahaan konvensional yang perlu mengalokasikan dananya untuk kegiatan promosi iklan/advertising yang membutuhkan biaya besar. Sebagai gantinya, perusahaan MLM memberikan komisi kepada agen/distributornya untuk memasarkan produk ke konsumen. Perusahaan hanya akan memberikan komisi kepada agen/distributor berdasarkan hasil penjualan.

- Biaya Overhead Distribusi yang Rendah
  Jalur distribusi perusahaan konvensional mengharuskan distribusi barang melalui serangkaian jalur distribusi yang panjang dimana disetiap jalurnya membuat harga barang tersebut semakin mahal sampai akhirnya menjadi harga akhir yang kita bayarkan.

Jalur distribusi perusahaan non-MLM
 manufacturer --> transporter --> wholeseller --> retailer --> advertisers --> costumers


Jalur distribusi perusahaan MLM 
manufacturer --> representative --> costumers


- Tingkat Pertumbuhan yang Tinggi
  Perusahaan MLM yang mempunyai sistem yang baik dapat tumbuh dan berkembang dengan tingkat pertumbuhan antara 20% sampai dengan 100% setiap bulannya. Ini dikarenakan sistem distribusinya menggunakan banyak tenaga SDM sebagai satu-satunya jalur distribusinya.


- Tim Selles/Marketing yang Termotivasi
  Dengan menjadikan tenaga SDM sebagai satu-satunya jalur distribusi MLM membuat komisi tim selles/marketing menjadi besar sehingga mereka termotivasi untuk menjelaskan produk yang mereka tawarkan dibandingkan apa yang bisa iklan di tevelisi terangkan mengenai produk tersebut. Hal ini membuat prosuk bisa lebih dikenal oleh konsumen dan memperoleh tempat tersendiri di hati konsumen. Bagi perorangan, hal ini bisa menjadi peluang untuk memperoleh keuntungan/penghasilan yang memadai bila dijalankan secara tekun dan benar.


Tidak bisa disangkal lagi banyak orang yang tidak memahami beda antara MLM dan Money Game yang disangka mereka adalah MLM. Hal ini sering menyebabkan anggapan miring tentang MLM, padahal itu buah dari ketidaktahuan mereka. Adapun perbedaan antara MLM dan Money Game adalah:

  
No MLM Money Game
1 Memiliki produk untuk dijual, sehingga komisi untuk agen atau distributor tidak hanya karena perekrutan anggota baru, tapi lebih kepada penjualan barang/produk. Tidak memiliki produk untuk dijual, sehingga komisi untuk agen semata-mata dari perekrutan anggota baru yang akhirnya menyebabkan sistem permainan uang dimana anggota baru diperlakukan sebagai "korban".
2 Peluang antara anggota/agen yang lebih dahulu mendaftar dan anggota/agen yang belakangan mendaftar sama, yang membedakan hanya dari kerja kerasnya saja. Peluang agen yang lebih dahulu mendaftar jauh lebih besar ketimbang agen yang belakangan mendaftar karena agen baru bekerja untuk menghasilkan keuntungan agen yang berada di atasnya.
3 Kesuksesan seorang agen didapat karena kerja kerasnya membangun sistem yang solid dengan timnya (distributor-distributor yang berada di bawahnya), kesuksesan agen/distributor yang berada di atas bisa dicapai bila agen/distributor yang berada di bawahnya juga sukses.
Keuntungan agen yang berada di atas merupakan hasil kerja keras agen yang berada di bawah, dimana agen yang paling bawah akan menjadi "korban"nya. Tidak ada kerjasama tim dalam money game, yang ada hanyalah mencari keuntungan sendiri-sendiri.


Contoh Money Game adalah seperti permainan arisan yang melalui surat menyurat untuk mentransferkan sejumlah dana ke rekening tertentu, lalu anda diminta untuk menyebarkan surat yang sama kepada sejumlah orang lain, serta permainan serupa lewat internet. Jangan mudah tertipu dengan money game yang berkedok MLM, cari tahu dahulu informasi mengenai hal itu. Jangan lantas, ketika anda tertipu oleh money game lalu beranggapan miring pada MLM.


Pada sejumlah buku yang dituliskan oleh beberapa pengusaha sukses dari luar negeri seperti Donald Trumps dan Robert T. Kiyosaki menyebutkan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha yang handal mulailah dengan MLM. Mengapa demikian??? Itu dimaksudkan karena:
1. Dengan memulai berwirausaha lewat MLM anda akan belajar banyak mengenai kedisiplinan waktu, berkomunikasi dengan konsumen, penjadwalan rutinitas sehari-hari, membangun teamwork, menjadi seorang leader, dan lain-lain.
2. Bila anda gagal dalam usaha ini, anda tidak akan bangkrut, ini dikarenakan modal dalam usaha MLM tidaklah memerlukan banyak modal uang, tetapi hanya memerlukan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja benar serta relasi yang banyak.


Berikut Tips dari saya bila anda memutuskan ingin bergabung dengan sebuah perusahaan MLM:
1. Identifikasi produk yang dijual oleh perusahaan MLM tersebut, MLM yang bagus mempunyai produk yang berkualitas dan sudah teruji, selain itu produknya merupakan produk yang dibutuhkan masyarakat namun tidak ada atau jarang diproduksi oleh perusahaan konvensional biasa, contoh: produk suplemen makanan herbal, dan lain-lain.
2. Memiliki support system, yaitu sebuah organisasi penyuport agen/distributor/anggotanya agar kinerja mereka dapat selalu baik dan termotivasi. Dengan support system ini semangat mereka untuk mencapai tujuannya dapat selalu membara. Biasanya agenda rutin yang selalu dilakukan oleh support system adalah seminar untuk mendeskripsikan produk baru, cerita success story dari agen/distributor yang telah sukses, memberikan motivasi, silaturahmi, serta pengenalan agen/distributor baru.
3. Cari tahu apakah perusahaan MLM dan produknya tersebut memiliki perizinan yang lengkap untuk beroperasi. 


Nah demikian penjelasan tentang MLM yang bisa saya berikan, selebihnya tergantung kepada anda apakah anda dapat berpikiran positif dan menerima apa yang saya jabarkan atau tetap beranggapan negatif tentang MLM. Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda semua. Terimakasih....


MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing MultilevelMarketing
Manusia selalu hidup dalam pandangannya sendiri. Pandangannya itulah yang kemudian Ia sebut kenyataan walaupun kenyataan yang sebenarnya tidak sama dengan pandangannya itu

0 comments:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Post a Comment

Saya sangat senang bila Anda berkenan memberikan komentar setelah membaca artikel ini

Ini peluangmu!!!

Related Posts with Thumbnails

Mau dapet duit cuma dengan upload FILE???

 

Template by NdyTeeN