Thursday, March 11, 2010

Martabak Black Sweet

Hmmm.... tidak diragukan lagi, bisnis pada bidang kuliner di negeri kita ini tidak pernah surut dan berkurang dari hari ke hari. Perkembangan bisnis kuliner justru semakin bertambah dengan bertambahnya ragam jenis makanan. Dari makanan tradisional yang kemudian di modifikasi sampai makanan yang benar-benar baru, semua mulai bermunculan.
Nah.... sekarang saya mau mendemonstrasikan pembuatan makanan kesukaan saya. Martabak manis ....




Adapun bahan-bahan yang diperlukan pada acara kita hari ini adalah:
- 250 gram tepung terigu            - 1/2 sendok makan soda kue
- meses                                     -  250 mL air bening
- 1/2 sendok fermipan               -  3 sendok makan susu bubuk coklat
- keju parut                               -  coklat bubuk
- 3 sendok makan gula pasir      -  1 butir telur ayam


Cara pembuatannya adalah:

 1. Campur semua bahan-bahan di atas (kecuali meses dan keju) dan adik dengan mixer hingga adonannya rata (kurang lebih selama 15 menit). 










2. Setelah adonan rata, pastikan adonan tidak terlalu kental dan tidak pula terlalu cair. Lalu, diamkan adonan tersebut hingga mengembang (kira-kira 30 menit).









3. Setelah adonan mengembang, kita mulai tahap memasak. Kocok kembali adonan yang sudah mengembang tadi dengan sendok, dan masukkan adonan tersebut kedalam panci yang sebelumnya telah dipanaskan dan dilumuri mentega. Setelah martabak sudah setengah matang, taburkan gula pasir di atasnya (boleh juga tidak, sesuai selera)




4. Setelah martabak matang, hidangkan diatas piring. Beri mentega diatasnya, dan taburi meses serta keju sesuai selera. Setelah itu beri susu kental manis diatasnya. Martabak black sweet pun siap dipasarkan ... Jangan lupa hitung biaya produksinya ya ...





Ok sekarang kita bahas detail tentang pembuatan martabak black sweet ini ya ...
Pertama dari bahannya, bahan susu bubuk coklat dan coklat bubuk adalah bahan yang membedakan martabak ini dengan martabak biasa, bisa tidak dipergunakan bila hanya ingin membuat martabak biasa. Ini mengingat bahwa inovasi  produk adalah hal yang penting agar membedakan produk kita dengan produk sejenis. Fermipan/ragi instan yang dipergunakan adalah ragi kualitas baik, agar martabak dapat mengembang dengan baik dan terbentuk dengan baik.
Kedua adalah saat proses pemasakan, loyang atau panci yang dipakai adalah panci tahan lengket atau lebih baiknya lagi panci khusus martabak manis agar martabak bisa terbentuk dengan baik. Sebelum proses pemasakan, hendaknya panci di panaskan terlebih dahulu sampai panci benar-benar panas. Setelah itu, kecilkan api hingga tak menyentuh panci dan lapisi permukaan panci dengan mentega hingga merata diseluruh bagian (bisa menggunakan kain atau tisu). Tunggu adonan dengan sabar hingga benar-benar matang karena proses memasak ini agak lama dibandingkan saat kita membeli martabak manis karena para penjual martabak menggunakan kompor khusus dimana sumbunya merata di bagian atas pematik apinya (coba amati).

Nah, demikian acara memasak martabak black sweet ini saya sajikan. Posting ini terinspirasi oleh sebuah usaha martabak di kota saya dimana pemiliknya yang dulu adalah seorang karyawan yang ingin merubah nasib dirinya dan keluarganya sehingga berani merubah jalur hidupnya menjadi seorang pengusaha. Berbekal pengalamannya menjadi seorang karyawan di usaha martabak milik majikannya dahulu, dia merintis usahanya pada awal tahun 2000-an. Sekarang ia menjadi salah satu entrepreneur yang sangat sukses di kota saya hingga mempunyai lebih dari 5 outlet martabaknya. Salut ... untuk beliau...

Sukses bukan hanya untuk diri kita sendiri
Melainkan juga untuk orang-orang terdekat kita yang kita sayangi
dan untuk mereka yang membutuhkan uluran bantuan kita

2 comments:

PuM2 said...

:24

Anonymous said...

salam kenal....hebat nih cowoq pandai bikin kue2....mau nanya itu fermipane 1 sendok makan apa sendok teh...nuwun

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Post a Comment

Saya sangat senang bila Anda berkenan memberikan komentar setelah membaca artikel ini

Ini peluangmu!!!

Related Posts with Thumbnails

Mau dapet duit cuma dengan upload FILE???

 

Template by NdyTeeN