Friday, May 21, 2010

Cara Untuk Menjaga Semangat

Dalam hidup ini sudah menjadi hal yang biasa ketika kita dirundung rasa malas. Rasa malas ini ada berbagai macam, dari mulai malas bangun pagi, malas mandi, sampai malas berjuang untuk menggapai impian. Sudah pasti rasa malas ini akan mengganggu kinerja serta kegiatan kita sehari-hari.
Agar rasa malas ini tidak mengganggu dan menguasai kita, tentunya ada berbagai macam cara untuk meminimalisirnya. Setiap individu pasti mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mengatasi rasa malas mereka. Nah, disini saya akan berbagi tips cara saya dalam mengatasi rasa malas yang sering muncul di diri saya. Begini caranya:

- Refreshing
Terkadang rasa malas bisa ditimbulkan karena rasa lelah setelah melakukan rutinitas sehari-hari. Rasa lelah ini bila dibiarkan berlarut-larut tentunya akan menimbulkan rasa malas untuk kembali beraktifitas di waktu yang akan datang karena kondisi badan yang kurang fit. Oleh karena itu, untuk menghilangkan lelah ini saya butuh refreshing. Refreshing tak harus merupakan kegiatan yang justru menghabiskan waktu saya, semisal touring ke kota lain. Refreshing dapat dilakukan hanya dengan sesuatu yang simple namun efektif dalam mengusir rasa penat dan lelah, misal mendengarkan musik kesukaan sambil bersenandung, menonton film terbaru, atau hanya sekedar touring di alam mimpi (baca: Molor). Dengan bentuk refreshing yang simple namun efektif, tentunya kita dapat menghemat waktu dan energi kita untuk rutinitas keesokan harinya.

- Membaca buku-buku inspirasional dan motivasi
Dengan membaca buku-buku inspirasional dan motivasi, saya dapat mengobarkan semangat dan motivasi saya kembali. Membaca dapat membuat pikiran saya kembali terbuka tentang hidup ini. Memikirkan hal-hal besar yang telah diraih seseorang karena keuletan dan usahanya dalam menggapai impian-impiannya membuat saya kembali bersemangat dan bangkit dari rasa malas. Bila rasa semangat dan motivasi saya kembali berkobar, maka rasa malas dan lelah karena aktifitas yang saya lakukan serasa hilang.

- Bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi
Cara ini sangat efektif bagi saya karena dengan bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi maka saya akan tertular semangat mereka. Seperti kata orang-orang, bila kamu ingin sukses maka bergaullah dengan orang-orang sukses. Jadi, bila saya ingin mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi, saya harus sering bergaul dengan orang yang mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi pula. Contohnya dengan bergaul dengan sahabat-sahabat blogger ini. .... Saya harap saya mempunyai semangat yang tak kalah dengan kalian... hehehe

- Melihat kesuksesan orang lain
Cara ini merupakan turunan dari cara membangkitkan semangat dan motivasi saya dengan bergaul bersama orang-orang yang mempunyai semangat dan motivasi tinggi. Ya, dengan melihat kesuksesan dan perjuangan orang-orang dekat saya dalam menggapai impian, rasanya saya malu bila hanya bermalas-malasan dan menghabiskan waktu saya untuk hal yang tidak berguna sementara mereka sedang berjuang untuk menggapai impiannya.

- Membayangkan hal-hal yang ingin saya raih di masa depan
Dengan membayangkan tentang kehidupan masa depan yang serba indah bersama orang-orang terkasih dapat membuat kita terus bersemangat. Hal  ini dikarenakan alam bawah sadar kita menstimulasi untuk membangkitkan energi yang terpendam dalam diri kita sehingga rasa malas dan lelah menjadi tak terasa. 

Nah demikian cara saya dalam menjaga semangat dan motivasi untuk beraktifitas dan berjuang menggapai impian. Tentunya sahabat blogger mempunyai cara-cara tersendiri dalam menjaga semangat dan motivasi, silahkan di-sharingkan disini.... Siapa tau bisa berguna bagi saya dan sahabat-sahabat lainnya yang membaca postingan ini....
Terima Kasih!!!

6 comments:

non inge said...

g tau kenapa aku malah kurang suka baca buku motivasi T.T

thisisrizka said...

yg paling aku suka tuh poin pertama sama poin kelima Pum. refreshing buat aku manjur banget untuk ngebangkitin semangat. kadang2 refreshingnya dateng ke toko buku, toko elektoronik, atau ke pameran2..(terutama pameran barang2 yg kita pengen banget, tapi belum bisa kebeli, kayak pameran mobil, rumah, bla bla blaah). hehe, kata orang sih, "lumayan buat membangun mimpi.." hehehe..

Blog Keluarga said...

Salam sahabat dari Balikpapan.. Wah blognya udah rame ya??? udah ada tawaran pasang banner lagi...

Yang paling gak suka baca buku motivasi.

Yohan Wibisono said...

"Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :54"

ari hindriyani said...

salam kenal dari saya (ARI HINDRIYANI)motivasi di atas seolah mengubah pandangan saya bahwa untuk mencapai sukses kita harus berkorban dan hal paling utama saya lakukan adalah dengan menunda membina rumah tangga walaupun itu saya tidak tau kapan datangnya, dengan tips ini saya akan mencoba mencapai apa yang saya citakan untuk dapat saya raih. thanks

vie_three said...

aku lebih milih istirahat, dan gak perlu memaksakan diri. kalau malas yasudah bermalas-malasan dulu.

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Post a Comment

Saya sangat senang bila Anda berkenan memberikan komentar setelah membaca artikel ini

Ini peluangmu!!!

Related Posts with Thumbnails

Mau dapet duit cuma dengan upload FILE???

 

Template by NdyTeeN