Sunday, April 04, 2010

Membuat Bakpao Coklat

Nah... akhirnya saya bisa memasak lagi setelah sekian lama. Kali ini saya pengin nyoba bakpau karena setiap kali datang ke salah satu dept.store di kota saya, bawaannya mupeng ma penjual bakpau yang ada di foodcourtnya.

Hmm.... karena insting saya adalah sebagai seorang yang ingin menjadi seorang entrepreneur sejati jadi bawaannya bukan mau beli tuh bakpau, namun pengen mencoba membuatnya sendiri. Siapa tau bakpau bikinan saya tidak kalah enaknya dengan si penjual bakpau yang dijual di foodcourt itu dan bisa menyainginya (*padahal karena gak punya duit*).
Okelah kalo begitu, disimak ya hasil eksperimen saya yang alhamdulillah berhasil.....

Bahan kulit:
- 400gr tepung terigu         - 3 sdk mkn minyak sayur                       - 5 sdk mkn gula pasir
- 125 ml  air putih              - 1 sendok makan fermipan/ ragi instan   - 1/2 sendok baking powder

Bahan isi :
- Cokelat bubuk
- Gula pasir

Cara pembuatan:
  1. Campur dan uleni 100 gr tepung terigu, 5 sdk mkn gula pasir, 125 ml air putih dan 1 sendok makan fermipan. Lalu tutup dengan kain lap yang bersih dan biarkan adonan hingga 30 menit.
  2. Setelah 30 menit, tambahkan 300 gr tepung terigu sisanya dan 1/ sdk teh baking powder, uleni dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis. Lalu tutup kembali adonan menggunakan lap bersih dan biarkan 15 menit hingga mengembang.
  3. Setelah 15 menit berlalu, kempiskan adonan yang telah mengembang dengan menggunakan tangan, dan tutup kembali menggunakan kain serbet bersih dan biarkan 15 menit lagi.
  4. Siapkan kukusan yang digunakan untuk mengukus bakpao
  5. Setelah 15 menit selanjutnya, ambil adonan sekepalan tangan dan pipihkan. Lalu isikan cokelat bubuk dan gula pasir dengan perbandingan 4:1 kedalam adonan tersebut kemudian tutup dan bentuk adonan tersebut menjadi sedikit bulat, lalu pipihkan sedikit.  Bagian yang digunakan untuk menutupi isiannya, tempelkan dengan kertas roti dan menjadi bagian bawah bakpao yang tertutupi kertas roti.
  6. Kukus Adonan yang telah siap ke dalam kukusan selama 10 menit.
  7. Setelah 10 menit kemudian, TARAAAA bakpao siap dihidangkan......

Nah segini dulu postingan saya, dilain waktu kita sambung lagi dengan masakan yang tak kalah wuueeeenakkkknya. Namun sebelum saya tutup, saya mau curhat dulu. Saya menghabiskan biaya sekitar Rp 7000 untuk membuat resep ini, Ada yang mau ganti biayanya??? bagaimana dengan kamu??? Nah lebih hemat kan ketimbang beli, dan ditambah lagi mengasah kreatifitas kalian. Kalau mau diganti isiannya ya monggo, sesuai selera lah. Okelah kalo begitu.....



 Saat adonan bakpau diuleni hingga kalis.............








 Saat adonan bakpau telah dikempeskan dan siap menunggu 15 mnt lagi utk dibentuk dan dikukus................


Saat adonan bakpau akan dikukus..........................

5 comments:

Itik Bali said...

Hmm nikmat banget maem sama bakpao
apalagi dalemnya coklat
unik..

PuM2 said...

:19 kasihan banget nih itik, masa bakpao coklat dibilang unik.... kamu tinggal dimana seh tik?? kalo unik itu bakpao isi kerikil, ato bakpao isi paku.... bisa tuh untuk ide kamu jualan tik.... hahahaha :29

Zippy said...

Saya kira itu bakso sob :D
Maklum, awaln ya cuma liat gambarnya, belum liat judulnya :D

PuM2 said...

:24 haha bisa aja zippy ini... wah, saya bisa jual nakpau ini sbg bakso ya... :33 itu karena gambarnya yang jelek apa memang masakanku yang jelek ya gyahahaha :29

Tutik Sundari said...

Minyak sayur itu=minyak goreng ya?

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Post a Comment

Saya sangat senang bila Anda berkenan memberikan komentar setelah membaca artikel ini

Ini peluangmu!!!

Related Posts with Thumbnails

Mau dapet duit cuma dengan upload FILE???

 

Template by NdyTeeN